Anda pasti memiliki beberapa alat elektronik merek tertentu yang pernah diservis, bukan? Mengapa Anda memilih untuk menyervis alat elektronik tersebut ketimbang membeli yang baru? Dan apakah barang-barang elektronik tersebut bisa bekerja dengan normal kembali setelah diservis? Anda tentu memiliki alasan tersendiri mengapa memilih menyervis barang elektronik tersebut seperti jaminan mutu merek tersebut, masih ada dalam masa garansi, dan harga beli yang lumayan tinggi.
Ketika barang-barang elektronik Anda rusak, biasanya Anda akan langsung mencari kartu garansi dan melihat apakah garansinya masih berlaku atau tidak. Kalau garansi masih berlaku maka Anda bisa tenang karena kerusakan bukan karena pemakaian itu akan ditanggung oleh service center.
Dalam suasana yang teduh di sore hari ini di Victoria Square kita akan mengobrol sebentar bersama Yuddy, seorang pengusaha bisnis bengkel service center electronic untuk merek-merek ternama tertentu. Yuddy memiliki dua bengkel service yang semuanya biasa mengerjakan kerusakan pada TV, kulkas, mesin cuci, kompor, hingga ke alat-alat elektronik terkecil seperti magic com dan setrika.
Merek-merek yang biasa dikerjakan adalah LG, Modena, Philips, Rinnai, Cosmos, dan masih banyak lagi. Yuddy sudah menjalankan bisnis ini selama tujuh belas tahun. Satu bengkel service ada di Tangerang (CV Surya Kencana) dan satu lagi UD. KYRA ada di Bogor.
Dua perusahaan Yuddy melayani after sales service. Anda tidak perlu khawatir jika alat-alat elektronik Anda yang masih bergaransi itu rusak karena Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Pastikan Anda membawa kartu garansinya dan kerusakan terjadi untuk alasan yang tepat. Bukan karena lama pemakaian yang tidak tepat seperti mencuci pakaian dalam mesin cuci dengan jumlah helai pakaian melebihi kapasitas. Hal ini bisa membuat mesin menjadi rusak. Apalagi jika hal itu terlalu sering Anda lakukan. Ada pula kasus kompor elektrik yang dicungkil menggunakan benda tajam sehingga merusak komponen dalam kompor tersebut.
Selama menggeluti bisnis ini, tantangan terberat yang dihadapi Yuddy adalah jika bertemu dengan pelanggan yang vokal. “Jadi barang mereka rusak karena kesalahan pemakaian, tapi mereka minta ganti garasi. Nah itu yang repot.” kata Yuddy.
Yuddy memilih bisnis ini bukan tanpa alasan kuat. Ia melihat modal yang dikeluarkan untuk bisnis tidak begitu besar dibandingkan dengan menjual produk. Menjual produk akan menjadi sulit saat modalnya sudah terlewat. Yuddy juga bekerja sama dengan beberapa brand yang produknya bisa diperbaiki di bengkelnya. Sebelumnya bengkel umum Yuddy itu selalu mengerjakan perbaikan produk dengan sebaik dan serapi mungkin. Hal ini membuat brand-brand tertentu melihat ada prospek kerja sama yang bagus.
Rahasia sukses Yuddy dalam bisnisnya salah satunya adalah jujur. Jujur ini yang bisa membawa seorang pengusaha mendapatkan partnership dengan brand yang bisa menyokong keberlangsungan bisnisnya. Jujur dalam memberikan service dan harga yang sesuai dengan kualitas tentunya akan membuat kerja sama terjalin dengan baik. Para teknisi juga harus berlaku jujur kepada para konsumen. Jika ada kerusakan tertentu di suatu komponen, maka ia hanya akan membahas tentang kerusakan dan total perbaikan komponen tersebut. Jangan sampai melakukan mark up terhadap total biaya kerusakan.
Tempat usaha Yuddy juga sangat dekat dengan huniannya bersama keluarga di Victoria Square. Yuddy memilih Victoria Square karena lokasinya yang strategis, di tengah Kota Tangerang, dan aksesnya juga sangat mudah. Yuddy juga menyukai segala fasilitas penunjangnya yang lengkap di Victoria Square.
Anaknya yang bernama Kyra juga sangat suka berenang. Biasanya Kyra berenang di Hari Sabtu bersama ayahnya. Kyra juga senang bermain di taman sambil melihat soang yang semuanya memiliki nama masing-masing. Tidak lupa, Yuddy sering mengajak Kyra jajan di minimarket depan Victoria Square melewati jogging track dan taman yang panjang. Ini menjadi kegiatan ringan yang menyenangkan untuk dilakukan selama masa pandemi ini. Jika perlu pergi ke suatu tempat, Yuddy juga merasa titik tolak dari Victoria Square ini mudah kemana-mana.
“Mau kemana-mana dekat. Mau ke perumahan lain, ke Serpong, ke Lippo, aksesnya dekat. Fasilitas-fasilitas penunjangnya juga sangat bagus di sini. Rumah sakit juga banyak dekat sini, tempat makan juga banyak daerah sekitar sini. Ada Pasar Anyar, Pasar Baru, pasar kuliner kalau malam.” kata Yuddy.
Yuddy membeli unit di Victoria Square dua tahun lalu. Ia bergegas membeli karena ia menilai harganya akan naik dari hari ke hari karena lokasinya yang strategis. Yuddy sendiri sering menggunakan fasilitas gym untuk berolahraga. Setelah itu, ia akan mengajak anak berenang. Kolam renangnya sangat dekat dengan ruang gym dan saling terhubung dengan area lain. Ada jembatan unik yang bisa dilewati sekaligus bisa menjadi spot foto yang menarik.
Anda bisa menghabiskan waktu setiap hari di masa pandemi ini di semua fasilitas Victoria Square yang sangat menarik untuk dijadikan tempat berfoto dan bercengkerama bersama keluarga. Jogging track-nya juga panjang dan Anda bisa segera sampai ke taman dari sana. Selesai jogging atau bermain sepeda, Anda bisa langsung beristirahat di taman sambil mengatur nafas. Anda juga bisa duduk santai di pinggir kolam renang dimana terdapat kursi-kursi dan meja untuk tea time di pagi atau sore hari.
Yuddy sangat puas tinggal di Victoria Square. Dari segi lokasi sangat dekat dengan kantor, fasilitasnya banyak dan memadai untuk seluruh anggota keluarga, dan satu lagi hal penting yaitu sistem keamanan yang 24 jam bisa diandalkan. “Jadi nggak sembarangan tamu bisa langsung naik ke atas. Nggak bisa. Semuanya di-handle di lobby sama security. Nanti mereka akan menghubungi kita untuk mengizinkan tamu untuk naik apa enggak. Sangat bagus untuk kemanannya.” ucap Yuddy. Ini juga menjadi hal yang paling membuatnya puas tinggal di Victoria Square ini.
Yuddy kemudian kembali berpesan untuk sukses dalam berbisnis bagi siapapun yang ingin membangun bisnis. Hanya ada dua hal yang Yuddy terapkan di bisnisnya yaitu jujur dan mau bekerja keras. Orang akan percaya dengan kita dan mau bekerja sama dengan dua hal tersebut.
Yuddy membuktikan sendiri di masa sulit seperti pandemi sekarang, masih ada konsumen yang datang untuk service di dua bengkel service center-nya. Hal ini tentunya sangat Yuddy syukuri. Anda bisa membuktikannya sendiri ketika Anda menjalankan bisnis yang sama seperti Yuddy. Hanya berbekal dua hal tadi, Anda akan bisa survive di tengah masa sulit dan di tengah persaingan yang ketat.
Ke depannya, Yuddy malah akan membuka satu cabang lagi jika Tuhan mengizinkan. Usaha Yuddy akan tetap buka selama masa pandemi. Konsumen bisa datang kapan saja setiap Hari Senin sampai Sabtu pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Khusus untuk Hari Minggu dan tanggal merah toko tutup.